Hidup Ini Bagai Putaran Roda, Harus di Kayuh Agar Terus Berputar'

Kamis, 12 November 2009

USE CASE DAN DECOMPOSISI DIAGRAM II


Koperasi simpan pinjam

Alur

1. Pendaftaran anggota baru

2. Simpanan

- Simpanan awal setelah menjadi anggota

o Simpanan wajib

o Simpanan pokok

- Simpanan setelah menjadi anggota (simpanan sukarela)

3. Peminjaman

4. Pembayaran pinjaman (pengembalian)

5. Pembuatan laporan


Master data

1. Pencatatan data anggota

2. Pencatatan simpanan

3. Pencatatan pinjaman

4. Pencatatan pembayaran pinjaman (pengembalian)

5. Pencatatan nama petugas


Use case koperasi simpan pinjam

Nomor : SP-001

Nama : pendaftaran anggota baru

Waktu : awal penyimpanan

Actor : nasabah dan petugas

Trigger : menjadi anggota atau nasabah baru

Deskripsi : ingin menjadi anggota baru agar dapat melakukan

transaksi simpan pinjam di koperasi

Source :

1. Data master anggota (no-id,nama,alamat,tanggallahir,no telp,…)

2. Data master simpanan (no-id,tanggal,jumlah,jenis simpanan,…)

3. Data master petugas (no-idpetugas,nama,alamat,tanggallahir,no telp,…)

Procedure :

1. Nasabah mendatangi kantor koperasi untuk menemui petugas untuk melakukan pendaftaran.

2. Nasabah mengisi from pendaftaran yang diberikan oleh petugas sesuai dengan data nasabah.

3. Nasabah memberikan uang sebagai salah satu syarat menjadi anggota baru,yaitu dengan membayar simpanan pokok dan wajib yang hanya akan dibayarkan pada waktu pendaftaran saja.

Nomor : SP-002

Nama : menerima buku simpan-pinjam

Waktu : awal penyimpanan

Actor : nasabah dan petugas

Trigger : bukti anggota atau nasabah

Deskripsi : sebagai bukti bahwa nasabah atau anggota telah

bergabung ke koperasi dan juga sebagai alat transaksi

simpan pinjam di koperasi

Source :

1. Data master anggota (no-id,nama,alamat,tanggallahir,no telp,…)

2. Data master simpanan (no-id,tanggal,jumlah,jenis simpanan,…)

3. Data master petugas (no-idpetugas,nama,alamat,tanggallahir,no telp,…)

Procedure :

1. Petugas mencatat nama pendaftar dan uang simpanan wajib dan pokok

2. Petugas mengisi data kedalam system koperasi

3. Petugas mencetak buku nasabah atau anggota koperasi setelah mengisinya dengan data yang telah diisikan oleh nasabah pada awal pendaftaran.

4. Petugas memberikan buku keanggotaan kepada nasabah atau anggota yang telah melakukan pandaftaran,buku ini merupakan salah satu tanda bahwa nasabah atau anggota ini telah sah menjadi bagian dari koperasi simpan pinjam ini.

Nomor : SP-003

Nama : simpanan

Waktu : simpan-pinjam

Actor : nasabah dan petugas

Trigger : mambah jumlah uang

Deskripsi : melakukan penyimpanan sejumlah uang ke koperasi

Source :

1. Data master anggota (no-id,nama,alamat,tanggallahir,no telp,…)

2. Data master simpanan (no-id,tanggal,jumlah,jenis simpanan,…)

3. Data master petugas (no-idpetugas,nama,alamat,tanggallahir,no telp,…)

Procedure :

1. Nasabah mendatangi kantor koperasi untuk menemui petugas untuk melakukan simpanan.

2. Nasabah atau anggota memberikan buku simpanan berserta uang kepada petugas untuk melakukan pencatatan simpanan.

3. Petugas mencatat sejumlah uang yang disetorkan oleh nasabah atau anggota kedalam system koperasi.

4. Petugas mencetak transaksi penyimpanan di buku simpan-pinjam milik nasabah atau anggota.

5. Petugas memberikan kembali buku simpan-pinjam kepada nasabah atau pegawai

Nomor : SP-004

Nama : peminjaman

Waktu : simpan-pinjam

Actor : nasabah dan petugas

Trigger : kebutuhan yang mendesak

Deskripsi : meminjam uang dari koperasi

Source :

1. Data master anggota (no-id,nama,alamat,tanggallahir,no telp,…)

2. Data master pinjaman (no-id,tanggal pinjam,tanggal pengembalian,jumlah,…)

3. Data master petugas (no-idpetugas,nama,alamat,tanggallahir,no telp,…)

Procedure :

1. Nasabah mendatangi kantor koperasi untuk menemui petugas untuk melakukan peminjaman.

2. Nasabah atau anggota memberikan buku simpan-pinjam kepada petugas.

3. Petugas memberikan from peminjaman kepada nasabah untuk di isi

4. Nasabah atau anggota mengembalikan from yang telah di isi kepada petugas

5. Petugas memasukkan data dari from yang telah di isi oleh nasabah kedalam system koperasi.

6. Petugas mencetak transaksi peminjaman kedalam buku simpan-pinjam nasabah.

7. Petugas memberikan buku simpan-pinjam beserta uang yang dipinjam kepada nasabah.

Nomor : SP-005

Nama : pengembalian pinjaman

Waktu : simpan-pinjam

Actor : nasabah dan petugas

Trigger : kebutuhan telah terpenuhi

Deskripsi : mengembalikan sejumlah uang pinjaman seletah

kebutuhan terpenuhi

Source :

1. Data master anggota (no-id,nama,alamat,tanggallahir,no telp,…)

2. Data master pinjaman (no-id,tanggal pinjam,tanggal pengembalian,jumlah,…)

3. Data master pembayaran (no-id,tanggal,jumlah, ,…)

4. Data master petugas (no-idpetugas,nama,alamat,tanggallahir,no telp,…)

Procedure :

1. Nasabah mendatangi kantor koperasi untuk menemui petugas untuk melakukan pembayaran pinjaman

2. Nasabah atau anggota memberikan buku simpan-pinjam beserta uang pengembalian pinjaman kepada petugas.

3. Petugas mengecek kembali transaksi yang terjadi atas nama dari nasabah yang melakukan peminjaman.

4. Petugas memasukkan uang dari anggota sebagai pembayaran dari peminjaman sebelumnya (disini belum tersedia pengembalian dengan cara pencicilan,jadi semua harus dilunasi pada waktu pembayaran pinjaman,dan tidak dikenakan bunga)

5. Petugas mencetak transaksi pembayaran peminjaman kedalam buku simpan-pinjam nasabah.

6. Petugas memberikan buku simpan-pinjam kepada nasabah.

Nomor : SP-006

Nama : pembuatan laporan bulanan

Waktu : akhir bulan

Actor : petugas

Trigger : informasi bulanan kepada pimpinan koperasi

Deskripsi : pembuatan laporan bulanan yang akan diberikan kepada

pimpinan koperasi

Source :

1. Data master anggota (no-id,nama,alamat,tanggallahir,no telp,…)

2. Data master simpanan (no-id,tanggal,jumlah,jenis simpanan,…)

3. Data master petugas (no-idpetugas,nama,alamat,tanggallahir,no telp,…)

4. Data master pinjaman (no-id,tanggal pinjam,tanggal pengembalian,jumlah,…)

5. Data master pembayaran (no-id,tanggal,jumlah, ,…)

Procedure :

1. Petugas melakukan pendataan atau pengecekan mulai dari data anggota,simpanan,peminjaman,pengembalian dan data petugas yang melakukan transaksi

2. Petugas memasukkan data-data diatas kedalam bentuk laporan yang akan disampaikan kepada pimpinan koperasi setiap bulannya,sebagai laporan bulanan.

3. Petugas mencetak semua laporan.

4. Petugas memberikan hasil laporan kepada pimpinan koperasi di akhir bulan.


USE CASE DAN DECOMPOSISI DIAGRAM I



PERPUSTAKAAN

Alur

1. Pendaftaran anggota baru

2. Regristrasi anggota

3. Peminjaman

4. Pengembalian

5. Pencatatan denda

6. Pembuatan laporan

Master data

1. Pencatatan data anggota

2. Pencatatan nama-nama pengarang

3. Pencatatan nama-nama penerbit

4. Pencatatan buku masuk (buku baru)

5. Pencatatan buku di pinjam

6. Pencatatan buku kembali

7. Pencatatan nama petugas

Use case perpustakaan

Nomor : PP-001

Nama : pendaftaran anggota baru

Waktu : awal peminjaman

Actor : anggota dan petugas

Trigger : meminjama buku

Deskripsi : pendaftaran untuk memperoleh izin meminjam buku

Source :

1. Data master anggota (no-id,nama,alamat,tanggallahir,no telp,…)

2. Data master petugas (no-idpetugas,nama,alamat,tanggallahir,no telp,…)

Procedure :

1. Anggota mendatangi perpustakaan untuk menemui petugas untuk melakukan pendaftaran.

2. Anggota mengisi from pendaftaran yang diberikan oleh petugas sesuai dengan data anggota baru.

3. Anggota baru memberikan syarat-syarat pendaftaran anggota perpustakaan yang berupa kartu studi (KTM) sebagai bukti kalau dia kuliah di tempat itu.

Nomor : PP-002

Nama : regristrasi anggota lama

Waktu : pembaharuan data

Actor : anggota dan petugas

Trigger : mencatatkan kembali

Deskripsi : mengupdate data anggota

Source :

1. Data master anggota (no-id,nama,alamat,tanggallahir,no telp,…)

2. Data master petugas (no-idpetugas,nama,alamat,tanggallahir,no telp,…)

Procedure :

1. Anggota mendatangi perpustakaan untuk menemui petugas dan melakukan her regristrasi anggota lama.

2. Petugas memperbaharui (update data) data anggota.

3. Anggota menyerah kartu anggota untuk mendapatkan verifikasi dari petugas

4. Petugas memverifikasi kartu anggota untuk memperbaharui data.

5. Petugas memberikan kartu kepada anggota setelah memverifikasikan kartu tersebut.

Nomor : PP-003

Nama : peminjaman buku

Waktu : awal peminjaman

Actor : anggota dan petugas

Trigger : ingin mendapatkan ilmu baru atau untuk mengerjakan

tugas

Deskripsi : meminjam buku

Source :

1. Data master anggota (no-id,nama,alamat,tanggallahir,no telp,…)

2. Data master peminjaman (no-id,tanggal,jumlah,no-idbuku.nama,pengarang,…)

3. Data master buku (no-idbuku,judul,pengarang,tahun terbit,…)

4. Data master petugas (no-idpetugas,nama,alamat,tanggallahir,no telp,…)

Procedure :

1. Anggota mendatangi perpustakaan untuk membaca dan meminjam buku

2. Anggota memberikan buku dan kartu anggotanya kepada petugas untuk melakukan transanksi peminjaman buku.

3. Petugas memasukkan data peminjam beserta data buku yang akan dipinjam

4. Petugas memberikan buku beserta kartu anggota yang telah selesai dimasukkan datanya kepada anggota yang meminjam buku.

Nomor : PP-004

Nama : pengembalian buku

Waktu : peminjaman

Actor : anggota dan petugas

Trigger : jadwal pengembalian buku

Deskripsi : anggota mengembalikan buku sesuai jadwal yang telah

ditentukan pada waktu awal peminjaman .

Source :

1. Data master anggota (no-id,nama,alamat,tanggallahir,no telp,…)

2. Data master pengembalian (no-id,tanggal,jumlah,no-idbuku.nama,pengarang,…)

3. Data master buku (no-idbuku,judul,pengarang,tahun terbit,…)

4. Data master petugas (no-idpetugas,nama,alamat,tanggallahir,no telp,…)

Procedure :

1. Anggota mendatangi perpustakaan untuk mengembalikan buku yang dipinjam sebelumnya

2. Anggota mengembalikan buku kepada petugas

3. Petugas meneriam buku dari anggota,kemudian melakukan pengecekan data peminjaman.

4. Petugas mengembalikan buku pada rak buku yang sesuai susunan kategori

Nomor : PP-005

Nama : pembayaran denda (pengembalian melebihi batas waktu

yang sudah ditentukan)

Waktu : pengembalian buku

Actor : anggota dan petugas

Trigger : melihat denda dari peminjaman buku

Deskripsi : melihat apakah peminjam terkena denda atau

mengembalikan tepat waktu

Source :

1. Data master anggota (no-id,nama,alamat,tanggallahir,no telp,…)

2. Data master pengembalian (no-id,tanggal,jumlah,no-idbuku.nama,pengarang,…)

3. Data master buku (no-idbuku,judul,pengarang,tahun terbit,…)

4. Data master denda (no-id,no-idbuku,judul,tanggal pinjam,tanggal pengembalian,…)

5. Data master petugas (no-idpetugas,nama,alamat,tanggallahir,no telp,…)

Procedure :

1. Anggota mendatangi perpustakaan untuk mengembalikan buku yang dipinjam sebelumnya

2. Anggota mengembalikan buku kepada petugas

3. Petugas menerima buku dari anggota,kemudian melakukan pengecekan data peminjaman.

4. Jika petugas mendapati informasi dari system bahwa pengembalian buku ini mengalami keterlambatan,maka petugas memberi tahukan kepada anggota bahwa anggota tersebut mendapatkan denda.

5. Anggota membayar denda,yang sesuai dengan keterlambatan pengambalian

Nomor : PP-006

Nama : Laporan bulanan

Waktu : awal bulan

Actor : petugas dan pimpinan

Trigger : laporan kepada pimpinan

Deskripsi : laporan yang diinformasikan kepada pimpinan tentang

kegiatan perpustakaan selama satu bulan.

Source :

1. Data master anggota (no-id,nama,alamat,tanggallahir,no telp,…)

2. Data master pengembalian (no-id,tanggal,jumlah,no-idbuku.nama,pengarang,…)

3. Data master buku (no-idbuku,judul,pengarang,tahun terbit,…)

4. Data master denda (no-id,no-idbuku,judul,tanggal pinjam,tanggal pengembalian,…)

5. Data master petugas (no-idpetugas,nama,alamat,tanggallahir,no telp,…)

6. Data master peminjaman (no-id,tanggal,jumlah,no-idbuku.nama,pengarang,…)

Procedure :

1. Petugas mengecek seluruh data yang telah masuk kedalam system

2. Petugas mencetak semua laporan (lap. Anggota,lap. Petugas ,lap. Buku ,lap. Peminjaman,lap. Pengembalian,lap. Denda )

3. Petugas menyerahkan laporan ke pada pimpinan sebagi laporan bulanan

4. Pemimpin memeriksa hasil laporan mengenai kegiatan transaksi-transaksi pendaftaran anggota,peminjaman,pengembalian serta biaya denda.



Template by : kendhin x-template.blogspot.com